Cegah DBD Selama Musim Hujan, Dinas Bina Marga DKI Gelar Kerja Bakti di 5 Wilayah

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR – Cegah penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas Bina Marga DKI memerintahkan seluruh jajarannya di Jakarta untuk kerja bakti Sabtu (2/3/2024).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo menjelaskan, kerja bakti ini sangat bagus untuk meningkatkan rasa kekompakan petugas bina marga.

Ia ingin seluruh anak buahnya dalam menjalankan tugas saling gotong royong dan bahu membahu.

“Tujuan kegiatan kemarin itu demi menciptakan kondisi sarana dan prasarana kebinamargaan yang bersih dan tertata. Misalnya bersihkan tali air, mulut air, menata pembatas jalan dengan baik, membersihkan trotoar, JPO, dan halte,” katanya, Minggu (3/3/2024).

Menurut Heru, ada sekira 400 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 2.000 Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) Dinas Bina Marga yang dikerahkan kerja bakti.

Baca juga: Lebih dari 200 Orang Terpapar Penyakit DBD, Pemkot Tangsel Ingatkan Penerapan 3M

Kegiatan tersebut mulai pukul 06.00 WIB yang diawali dengan safety talk di masing-masing titik lokasi untuk memastikan kelancaran dan keselamatan petugas. 

“Kami bersihkan saluran air, perbaikan jalan, perapian pembatas jalan, pembersihan trotoar, pencabutan rumput, hingga perapian kabel udara,” tegasnya. 

Sebagai informasi, Dinas Kesehatan DKI mencatat kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta mengalami peningkatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan, catatan itu terhitung dari awal Januari 2024 sampai 19 Februari 2024 yakni sebanyak 627 kasus.

“Berdasarkan tren data kasus mingguan tahun 2024, tercatat sudah terjadi peningkatan kasus jika dibandingkan pada minggu awal bulan Januari. Saat ini sudah masuk minggu ke-9, data kasus menunjukkan peningkatan yang tajam mulai minggu ke-5, yaitu di awal bulan Februari 2024,” jelasnya, Jumat (1/3/2024). 

Baca juga: 4 Pasien DBD di Kota Bogor Meninggal, Atang Trisnanto Minta Tenaga Kesehatan Terjun Langsung ke RT

Baca Juga  Libur Nataru, Dinkes Bangun Sembilan Posko Kesehatan di Kabupaten Bekasi

Ani mengimbau kepsda warga DKI Jakarta untuk waspada dan menerapkan pemberantasan sarang byamuk (PSN) dengan menguras, nenutup penampungan air dan, mendaur ulang sampah.

Ani kemudian merinci kasus DBD di setiap wilayah yaitu Jakarta Pusat 34 kasus, Jakarta Utara 74 kasus, Jakarta Barat 208 kasus, Jakarta Selatan 145 kasus, Jakarta Timur 161 kasus, dan Kepulauan Seribu sebanyak 5 kasus.

“Kami terus memantau perkembangan kasus DBD di setiap wilayah Jakarta. Sejauh ini, tidak tercatat kematian atas kasus tersebut,” ucapnya. (m26)
 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *