Inisiasi Green Port Diakui Secara Global, PTK Raih Penghargaan Tingkat Asia Pasifik

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) mendapat penghargaan tingkat Asia Pasifik atas inisiasinya dalam menjalankan operasional port (pelabuhan) berbasis lingkungan atau green port.

Penghargaan ini diberikan APEC Port Services Network (APSN), organisasi internasional di bawah Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

Penghargaan APSN Green Port Award System 2023 diraih melalui salah satu segmen bisnis marine, PTK Shorebase Tanjung Batu (PSTB) Kalimantan Timur, di Thailand (25/10/2023).

Direktur Operasi PTK Slamet Harianto mengatakan penghargaan yang diterima PSTB ini merupakan apresiasi dari ekternal atas komitmen dan dedikasi operasional ramah lingkungan yang dilakukan di PSTB sebagai bagian bisnis PTK.

Baca juga: Dituding Berbohong Soal Mangkir Putusan Perkara 29, 51 dan 55, Ini Jawaban Ketua MK Anwar Usman

“Penghargaan ini diharapkan menjadi awal bagi PTK untuk tetap konsisten, terus berinovasi, dan mewujudkan operasi ramah lingkungan di seluruh pelabuhan milik PTK,” ujarnya, Jumat (3/11/2023).

Indikator penilaian perusahaan yang menerima APSN Green Port Award System 2023 terdiri atas Commitment and Willingness (25 persen), Action and Implementation (50 % ), serta Efficiency and Effectiveness (25 % ).

Tahapan penilaian penghargaan ini terdiri atas port self-evaluation (seleksi berkas), evaluasi (inspection of application package completeness, foundation of evaluation committee, penilaian ahli, dan perhitungan score), dan tahap approval & awarding oleh APSN Council.

Terkait operasional port, PSTB secara langsung telah mengimplementasikan Green Port antara lain manajemen lingkungan seperti pengelolaan limbah B3 & non B3, reduksi konsumsi energi, pengendalian emisi & kualitas udara ambien.

Baca juga: Gus Karim Guru Ngaji Presiden Jokowi di Solo Sakit, Ketua PCNU Solo Mashur: Beliau Kecapekan

Pada tahun 2021, PSTB melakukan penggantian genset ke penggunaan listrik eksternal dilanjutkan dengan pemasangan solar panel pada tahun 2023 yang diestimasikan menghemat energi hingga 195,72 ton CO2e/tahun.

Baca Juga  Susunan Pemain Indonesia vs Timnas Irak: Shin Tae-yong Pasang Tiga Pemain Depan Sebagai Juru Gedor

Optimalisasi Green Port di PSTB dan penghargaan tentu akan berdampak pada kelancaran distribusi energi nasional, mengingat PSTB pegang peran penting dalam keamanan energi di Kalimantan Timur dan sekitarnya.

“Hal ini juga mendukung PTK untuk mantapkan posisi sebagai perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global,” ungkapnya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *