Parpol Pengusung Anies-Cak Imin Dukung Hak Angket, Ganjar: Itu Cara Terbaik untuk Pemilu Seperti Ini

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Tiga sekjen partai politik (parpol) pengusung pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) mendukung pelaksanaan hak angket di DPR terkait kecurangan Pemilu 2024. 

Tiga papol pengusung Anies-Muhaimin, itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Dukungan hak angket dari tiga partai pengusung Anies-Muhaimin itu disambut baik oleh cawapres  nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan bahwa dukungan sekjen dari 3 parpol pengusung Anies-Muhaimin untuk menggulirkan hak angket di DPR itu merupakan cara terbaik untuk mengklarifikasi berbagai bentuk kecurangan Pemilu 2024 . 

“Sebenarnya, saya saja. Hak angket itu adalah cara terbaik dengan kondisi Pemilu seperti ini,” kata Ganjar dikutip Sabtu (24/2/2024).

Baca juga: Anies Baswedan akan Bahas Hak Angket Bersama Ganjar Pranowo

Baca juga: Anies Baswedan Berharap Besar Pada PDIP Soal Hak Angket DPR Terkait Kecurangan Pemilu 2024

Baca juga: Anies Baswedan Anggap Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh Hanya Tontonan Biasa

Meski sama-sama mendorong DPR menggulirkan Hak Angket, Ganjar mengaku belum pernah berkomunikasi pribadi dengan kubu Anies-Muhaimin terkait langkah itu. 

“Saya belum berkomunikasi secara pribadi,” ucap capres berambut putih yang juga mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Ganjar berpendapat, hak angket bukan hanya menjadi kepetingan dari partai pengusung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD saja, melainkan seluruh partai peserta pemilu yang berkontestasi, termasuk dari kubu AMIN. 

Sebelumnya, PKB, Partai Nasdem, dan PKS menegaskan siap mendukung dan membantu PDI Perjuangan jika menggulirkan hak angket.

BERITA VIDEO: TPS 043 Menteng Lakukan Pumungutan Suara Ulang Caleg Gegara Kesalahan KPPS
 

Hal itu disampaikan Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Sekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar usai bertemu di Nasdem Tower pada Kamis (22/2/2024)

Baca Juga  Video Detik-detik Gudang Peluru di Bekasi Meledak, Takbir & Teriakan Histeris Warnai Kepanikan Warga

Hermawi menegaskan bahwa Nasdem, PKB, dan PKS siap bersama PDI Perjuangan untuk menggulirkan hak angket menyikapi masalah Pilpres 2024. 
 
“Mengapa hak angket kita dukung? Kita inginkan kebenaran, kami bersekutu dengan siapa pun di Republik ini yang punya itikad baik untuk menegakkan kebenaran dan keadilan demi bangsa Indonesia,” kata Hermawi.

Hal itu dipertegas Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, bahwa pihaknya menunggu langkah PDI Perjuangan.

Namun, hingga saat ini belum ada aduan di DPR terkait dugaan kecurangan Pilpres 2024. 

“Demi pemilu yang jujur, adil, berkualitas, menghormati kebenaran dan kedaulatan rakyat, PKB pasti bersama mereka yang menjaga dan mengawal kedaulatan rakyat. Kecurangan tidak boleh terjadi di negeri ini, karena itu kami berdiri bersama mereka,” kata Hasanuddin. (m32) 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *