Presiden Jokowi Sebut Anak Muda Tak Apatis terhadap Politik

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni membuka Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah XX Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024) malam.

Kapolri Listyo Sigit, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menpora Dito Ariotedjo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir, juga terlihat hadir di lokasi acara.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyatakan dirinya sengaja datang menghadiri Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) XX di Kota Palembang karena IMM merupakan organisasi penting.

“Kenapa saya capek-capek datang ke Palembang, ini karena Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah adalah organisasi yang penting, maka saya putuskan saya datang,” kata presiden melalui keterangan pers, Senin (4/3/2024).

Pada kesempatan itu, presiden turut mengapresiasi peran aktif seluruh kader IMM dalam menjalankan agenda kebangsaan termasuk penyelenggaraan pemilu.

Menurutnya, pemilih pada pemilu 2024 didominasi generasi muda.

“Hitungan kita kurang lebih 56 persen atau 113 juta pemilih dari generasi milenial dan generasi Z. Jadi kalau menurut saya, anak muda itu tidak apatis terhadap politik, justru generasi muda punya kemauan besar untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” kata presiden.

Jokowi menyebut dalam beberapa tahun terakhir, lanskap politik global dan ekonolmi global itu berubah menjadi sulit dikalkulasi.

“Sulit dikalkulasi tetapi justru peluang itu ada. Kesempatan untuk kita melompat itu ada, dan menurut lembaga-lembaga internasional untuk negara kita kalkulasinya, Indonesia memiliki kesempatan besar untuk melompat menjadi negara maju dalam tiga periode kepemimpinan ke depan tetapi tantangannya juga sangat besar,” ujar presiden.

Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Haedar Nashir berharap mengharapkan Presiden Jokowi beserta jajaran Menteri, Kapolri dan Gubernur untuk senantiasa membimbing, memberi arah, sekaligus membuka jalan bagi IMM dan seluruh generasi anak bangsa.

Baca Juga  Jalan Rusak di Klari Ditanam Pohon Pisang, Bupati Karawang Minta Kementerian PUPR Segera Perbaiki

“Kami selalu memerlukan panduan dan bimbingan sebab mereka itulah yang akan nanti mewarisi masa depan Indonesia,” katanya.

Prof Haedar tak lupa mengapresiasi presiden bersama seluruh jajarannya telah memastikan Pemilu berjalan baik, aman, damai dan sesuai konstitusi.

“Sebagaimana pesan PP Muhammadiyah, kami bersikap konstitusional untuk menerima hasil pemilu yang nanti diumumkan KPU. Manakala ada persengketaan diselesaikan lewat proses hukum dan ketentuan yang berlaku di situlah koridor kita berdemokrasi,” tuturnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *