Stafsus Jokowi Jadi Perwakilan Resmi Indonesia di Acara Pemuda Sedunia yang Dihadiri Presiden Putin

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar menjadi perwakilan resmi Indonesia dalam pertemuan Pemuda Sedunia, di Kota Sochi, Rusia pada Jumat (8/3/2024).

Acara bertajuk World Youth Festival 2024 tersebut dihadiri oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Lokasi kota ini cukup jauh dari pusat kota Moscow, karena berjarak sekitar 1.300 kilometer.

Kota ini juga terletak di Pantai Selatan Negara Rusia, berhadapan langsung dengan Laut Hitam.

Kota itu berjuluk ‘Kota Anak Muda Rusia’, karena pernah sukses menjadi pusat penyelenggaraan Olimpiade di tahun 2014.

Pertemuan tersebut dibuka dan ditutup oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang pada upacara penutupannya hadir langsung di tempat acara menyapa kurang lebih 40.000 anak muda dari seluruh dunia, dan para pejabat perwakilan 188 negara yang diundang oleh Pemerintah Rusia.

Baca juga: Stafsus Presiden Luncurkan Aplikasi E-Learning Productive+ untuk Penyandang Disabilitas

Hadir mewakili Indonesia, kurang lebih 150 delegasi muda resmi yang dipilih langsung oleh Pemerintah Rusia, karena rekam jejaknya membuat perubahan di Indonesia lewat berbagai aksi nyata.

Dalam pidatonya, Presiden Putin menceritakan kisah inspiratifnya meniti karir dari bawah, hingga menjadi pemimpin negara yang saat ini menjadi salah satu poros ekonomi terkuat di belahan timur dunia ini.

Presiden Putin memberikan pesan yang sangat kuat agar tidak ada satu negara, atau satu kelompok masyarakat yang tertinggal atau ditinggalkan, karena perbedaan ideologi atau cara pandang.

Untuk itu, dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang mampu memperjuangkan dan membela keberagaman tersebut dengan konsisten, yang diharapkan Putin ada diantara para pemuda dan pemudi yang hadir pada pertemuan tersebut.

Baca juga: Stafsus Presiden Bertemu Dubes Australia untuk Jajaki Peningkatan Pendidikan di Indonesia

Baca Juga  itoldพระแม่ลักษมี viral video tiktok

Kegiatan ini merupakan gelaran diplomatik terbesar yang pernah diadakan oleh Pemerintah Rusia.

Acara dilakukan dari tanggal 1-8 Maret 2024, dan berisi panel-panel diskusi dalam topik ilmu pengetahuan, teknologi, kebijakan publik dan pertunjukkan seni dari pelaku seni Rusia, maupun negara-negara lain yang terundang.

Adapun para tokoh dunia seperti Menteri, Wakil Perdana Menteri, serta ilmuwan hadir menjadi pembicara dalam berbagai topik yang sudah disusun dengan rapi.

Billy Mambrasar, yang hadir mewakili Indonesia di salah satu panel, menyampaikan posisi Indonesia yang selalu patuh pada mandat konstitusinya untuk menjaga hubungan baik dengan semua negara secara impartisan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *