5 Lomba yang Selalu Ada Memeriahkan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Tak Berkategori93 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Memperingati Hari Kemerdekaan, tiap tahun diadakan beragam lomba pada 17 Agustus. Sejarawan J.J. Rizal menyebut, perlombaan 17 Agustus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan muncul pada 1950. Dikutip dari artikel Barbara Hatley, National Ritual, Neighborhood Performance Celebrating TujuhbelasanHari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati tiap 17 Agustus selalu dirayakan dengan berbagai aktivitas seperti lomba memasak, menjahit, dan mengatur bunga yang diselenggarakan oleh ibu-ibu. 

Adapun aktivitas lain seperti pelaksanaan lomba balap karung, balap kelereng, dan makan kerupuk yang dikelola oleh para pemuda setempat. Ada pula kerja bakti secara gotong royong yang biasanya diikuti oleh seluruh warga kampung atau desa. Perayaan dengan berbagai lomba muncul ketika kondisi Indonesia mulai stabil secara aspek ekonomi maupun politik.

Apa saja lomba 17 Agustus?

Beragam lomba seperti yang ada sekarang bersumber dari permainan tradisional. Dikutip dari Antara, berikut deretan lomba yang biasanya ada saat peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

1. Balap karung

Balap karung  salah satu permainan lomba perayaan Hari Kemerdekaan. Lomba ini bahkan sudah seperti identitas kemeriahan Hari Kemerdekaan. Lomba balap karung menjadi salah satu primadona dalam lomba perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, karena keseruan dan mudahnya teknis pelaksanaan lomba tersebut.

2. Balap kelereng

Iklan

Balap kelereng lomba yang sangat sederhana, namun seru, karena mengandalkan keseimbangan pesertanya. Panitia hanya menyiapkan lintasan, kelereng, dan sendok, Peserta harus membawa kelereng menggunakan sendok di mulut dari garis start hingga finis tanpa harus terjatuh.

3. Balap bakiak

Balap bakiak juga salah satu lomba adu kecepatan yang menimbulkan keseruan. Sebab, lomba ini membutuhkkan kekompakan masing-masing peserta yang tergabung dalam sepasang bakiak.

4. Tarik tambang

Permainan tarik tambang juga salah satu lomba kelompok yang mengandalkan kekompakan dan gabungan tenaga para pesertanya. Inti dari lomba tarik tambang dua kelompok saling menarik untuk melewati batas garis yang telah ditentukan oleh panitia.

5. Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk juga sederhana dan seru, karena membutuhkan ketepatan pesertanya untuk mendapat gigitan yang banyak. Peserta harus memakan habis kerupuk yang digantung di tali tanpa bantuan tangan.

Pilihan Editor: 10 Rekomendasi Hadiah Lomba 17 Agustus Murah Meriah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *