Bantul Gelar Pemilihan Ketua OSIS Serentak, Kerja Sama dengan KPU

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Penyelenggaraan pemilihan Ketua OSIS jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta akan dilaksanakan serentak dalam Pemilos 2023. Pemerintah setempat pun menggandeng KPU untuk menyiapkan gelaran Pemilos Serentak 2023 itu.

Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan ada sebanyak 130 sekolah, terdiri atas SMA/SMK dan MA serta SMP dan MTs se-Bantul yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi dalam rangka persiapan Pemilos 2023 yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bersama KPU pada tanggal 8 dan 9 Agustus. “Pemilos di Bantul sudah terlaksana setiap tahun sejak 2011, dan sudah mendapatkan apresiasi secara nasional sebagai salah satu inovasi pendidikan pemilih oleh KPU RI pada tahun 2019,” kata dia, Rabu, 9 Agustus 2023.

Didik menjelaskan pemilos didesain mirip dengan pelaksanaan pemilu sesungguhnya, baik dari tahapan maupun petugas yang dibutuhkan. Masing-masing sekolah akan membentuk panitia pemilihan OSIS (PPO), panitia pengawas, serta KPPS sesuai jumlah TPS masing-masing sekolah.

“Selanjutnya akan dilaksanakan tahapan pemilos seperti pemutakhiran data pemilih, pencalonan, kampanye, persiapan logistik, kampanye, pemungutan suara, sampai dengan penetapan calon terpilih ketua OSIS,” kata Didik.

Meski tampak rumit karena mengikuti tahapan pemilu, Didik menyebut pelaksanaan pemilos sebenarnya sedergana dan murah. Sederhana karena dilaksanakan dalam durasi yang pendek meski semua tahapan pemilos sudah menyesuaikan tahapan pemilu.

Iklan

Pemilos juga murah karena semua perlengkapan pemilos sudah ada di sekolah sehingga dapat menekan biaya. “Pelaksanaan pemilos juga menerapkan asas pemilu seperti langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Didik.

Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Bantul Suparmadi mengatakan pemilos setiap tahun ini merupakan bentuk pendidikan politik, khususnya kepada pemilih pemula di Kabupaten Bantul. “Pemkab Bantul menaruh perhatian tinggi terhadap pendidikan pemilih, khususnya kepada pemilih pemula,” kata dia.

Pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilos di Bantul rencananya akan dilaksanakan pada 4—5 September 2023 untuk jenjang SMA dan pada 6—7 September 2023 untuk jenjang SMP.

Pilihan Editor: Rektor IPB: Hampir 10 Persen Mahasiswa Baru IPB adalah Ketua OSIS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *