Cara Merawat Bibir Pecah-pecah Agar Tetap Sehat dan Cantik

Tak Berkategori

CANTIKA.COM, Jakarta – Bibir pecah-pecah adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat perubahan cuaca terjadi. Meski tidak mengancam nyawa, kondisi bibir yang pecah-pecah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. 

Terutama ketika Anda sedang berbicara atau makan. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat bibir pecah-pecah. Sekaligus membuat bibir tetap sehat dan cantik. 

Berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti untuk merawat bibir pecah-pecah agar tetap sehat dan cantik.

1. Minum Cukup Air 

Salah satu penyebab utama bibir pecah-pecah adalah dehidrasi. Pastikan Anda minum cukup air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan mengonsumsi cukup air, kulit bibir Anda akan tetap lembap dan terhindar dari masalah pecah-pecah.

2. Gunakan Lip Balm sebagai Pelembap Bibir 

Iklan

Selalu gunakan pelembap bibir atau lip balm untuk menjaga kelembapannya. Penggunaan pelembab juga akan membantu mencegah bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Pilihlah produk pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak almond, shea butter, atau minyak jojoba untuk hasil yang lebih efektif dan aman.

3. Hindari Menjilat Bibir 

Ketika bibir terasa kering, kebiasaan menjilat bibir mungkin terasa menggoda dan tanpa sadar Anda lakukan. Namun sayangnya kebiasaan menjilat bibir justru akan membuat bibir Anda semakin kering. Ini karena air liur mengandung enzim yang dapat merusak lapisan pelindung kulit bibir. Sebagai gantinya, gunakan pelembap bibir seperti yang disarankan sebelumnya.

4. Usahakan untuk Tidak Mengelupas Kulit Bibir

Seringkali saat bibir pecah-pecah, kita cenderung ingin menggigit atau mengupas kulit mati pada bibir. Jangan dilakukan ya karena perilaku ini bisa memperburuk kondisi bibir. Bahkan parahnya, jika Anda mengelupas bibir yang kering dan pecah-pecah dengan tangan kotor bisa berpotensi menyebabkan infeksi lho. Lebih baik gunakan lip balm untuk melembapkan bibir dan biarkan kulit mati mengelupas dengan sendirinya.

5. Lindungi Bibir dari Sinar Matahari 

Sinar ultraviolet dapat merusak kulit bibir dan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Saat berada di bawah sinar matahari, gunakan lip balm dengan SPF untuk melindungi bibir dari dampak buruk sinar UV.

6. Jangan Gunakan Produk Beralkohol 

Beberapa produk perawatan bibir bisa jadi mengandung alkohol yang dapat membuat bibir semakin kering. Pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol dan lebih ramah terhadap kulit bibir. Anda juga bisa menggunakan lip balm berlabel vegan friendly sebagai alternatif.

7. Konsumsi Makanan Bergizi 

Makanan yang kaya nutrisi dan vitamin akan membantu menjaga kesehatan bibir Anda. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B, C, dan E, serta mineral seperti zat besi dan seng untuk membantu menjaga kesehatan bibir dan mencegahnya pecah-pecah.

8. Hindari Rokok dan Alkohol 

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari kedua kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan bibir dan kulit Anda.

9. Rutin Eksfoliasi Bibir 

Mengangkat sel-sel kulit mati dari bibir adalah langkah penting dalam merawat bibir pecah-pecah. Gunakan scrub bibir yang lembut atau sikat bibir dengan sikat khusus untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati secara teratur. Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk mengeksfoliasi bibir. Caranya adalah dengan mencampurkan gula dan madu. Lalu mengoleskannya secara lembut dan perlahan ke bibir.

10. Gunakan Masker Bibir 

Terakhir, gunakan masker bibir yang mengandung bahan alami seperti madu, yogurt, atau minyak kelapa untuk membantu merawat dan melembapkan bibir secara intensif.

Diharapkan dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat merawat bibir pecah-pecah dengan efektif. Sehingga bibir Anda tetap terjaga kesehatannya serta terlihat cantik karena terawat. Jangan lupa agar senantiasai konsisten dalam melakukannya agar hasil yang diinginkan dapat diwujudkan. Yuk rawat bibir indahmu agar terlihat lebih sehat dan menarik.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *