Kakek 70 Tahun Tewas dalam Kebakaran di Penjaringan, Bermula dari Gas Bocor Saat Diganti

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Seorang kakek berusia 70 tahun, tewas dalam kebakaran sebuah rumah di Jalan K Tekuk Gong RT 12 RW 9 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis pagi, 17 Agustus 2023 pukul 05.00 WIB. 

Selain menewaskan Kakek Udin, istrinya, Miskiyah, 50 mengalami luka bakar dibagian kaki. 

Maswan, 40 tahun yang merupakan warga setempat mengatakan, Udin tewas karena terjebak di dalam bangunan rumah, tak bisa menyelamatkan diri. Warga dan petugas pemadam kebakaran kesulitan untuk menyelamatkan Udin yang berada di dalam rumah di sebuah gang sempit. 

Petugas damkar baru bisa mengevakuasi Udin setelah api padam. 

“Korban terjebak, soalnya gak ada yang sempat naik, ya kalau mau naik, nanti yang nyelametin juga sama juga (jadi korban),” kata Maswan saat ditemui di lokasi kebakaran pada Kamis, 17 Agustus 2023. 

Ia juga menjelaskan bahwa menurut keterangan pemilik rumah yang berhasil selamat, kebakaran terjadi dikarenakan kebocoran gas. 

“Awalnya dia mau ganti gas, diganti, begitu diganti ternyata kan bocor tabungnya, begitu dicabut bocor, sedangkan posisi ada kompor nyala,” katanya. 

Setelah itu, menurut penuturan Maswan yang mendapat cerita dari penghuni rumah yang selamat, api langsung membesar, warga yang melihat ada api pun berusaha untuk membantu memadamkan dengan menyiramkan air ke api. 

Iklan

“Tapi emang gak bisa dipadamin, apinya langsung ngebakar semua” ucap Maswan yang ikut memadamkan kobakaran api.

Maswan menuturkan bahwa petugas damkar datang setengah jam setelah api berkobar.

Warga lain, Fadli, 21 tahun, mengatakan petugas damkar sempat kekurangan air untuk memdamkan api. Namun, upaya pemadaman tetap bisa berlangsung meski lokasi kebakaran berada di dalam gang sempit.

Keberadaan kabel semrawut sempat membuat warga cemas, mereka khawatir api bisa menjalar ke bangunan lain. Namun beruntung, kobaran api bisa segera dilokasir. Warga kemudian tetap memotong kabel tersebut setelah kebakaran, “Setelah kebakaran, kabel baru dipotong” Katanya. 

Dinas Gulkarmat DKI menurunkan 12 unit mobil pemadam kebakaran dari Jakarta Utara dan tambahan 2 Unit mobil damkar tambahan dari Jakarta Barat. Menurut keterangan warga setempat, bangunan yang habis dilalap api dalam kebakaran ini berjumlah 3 hunian.

NUR KHASANAH APRILIANI

Pilihan Editor: Balita Tewas Dalam Kebakaran Rumah di Bekasi, Korban Terjebak di Kamar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *