Ramai-ramai Dukung Anak Jokowi Maju Cawapres 2024, Berikut 5 Relawan Gibran Rakabuming

Tak Berkategori

TEMPO.CO, Jakarta – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka belakangan ramai mendapat dukungan dari sejumlah pihak agar maju sebagai calon wakil presiden atau cawapres untuk Pilpres 2024. Mulai dari relawannya di Solo, Bolone Mase hingga terbaru dari Relawan Kawan Militan (Kami) Gibran dari Jakarta.

Berikut rangkuman dukungan untuk putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, agar maju sebagai Cawapres 2024.

1. Bolone Mase

Juli lalu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menunjuk anak Jokowi itu sebagai juru kampanye (jurkam) untuk Capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 mendatang. Kelompok relawan di Solo, Bolone Mase, menyindir keputusan PDIP tersebut. Menurut Koordinator Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso, Gibran Rakabuming dinilai layak mendapat posisi yang lebih bergengsi.

“Ada berita kemarin Mas Gibran diminta untuk jadi jurkam. Tapi kami relawan tetap meminta Mas Gibran tidak hanya sekadar jadi jurkam,” katanya di Solo, Selasa, 18 Juli 2023 lalu.

Bolone Mase sendiri telah menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto, Capres usungan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Dukungan ini dimaksudkan agar Gibran bisa mendampingi sosok Ketua Umum Partai Gerindra itu. Kuat mengatakan, relawan menilai Gibran layak memimpin Bangsa Indonesia.

“Sejak awal bahwa di samping kami mendukung Pak Prabowo sebagai capres, cita-cita kami sesungguhnya bagaimana Mas Gibran bisa memimpin republik ini suatu saat. Tidak sekadar jadi jurkam ya. Mohon maaf,” ujarnya.

Dukungan itu kembali dinyatakan Bolone Mase baru-baru ini. Kuat Hermawan mengatakan pihaknya sudah melakukan konsolidasi di berbagai daerah di Indonesia. Mereka sepakat mendukung Gibran sebagai cawapres. Permintaan tersebut juga kembali disampaikan pada pertemuan antara relawan dengan Prabowo Subianto di Solo, Rabu malam, 9 Agustus 2023.

“Kami menyampaikan bahwa teman-teman sudah kerja. Konsolidasi baik di Jawa maupun luar Jawa, permintaan tinggi, respon mereka mendukung Pak Prabowo,” kata Hernawan dikutip Antara, Kamis, 10 Agustus 2023.

2. Bara JP

Barisan Relawan Jokowi Presiden atau Bara JP juga siap mendukung Gibran untuk meneruskan kepemimpinan ayahnya. Ketua Umum Bara JP Utje Gustaf Patty mengungkap keinginannya untuk ajek mendukung Jokowi sebagai presiden. Tetapi, bila Gibran siap melanjutkan kepemimpinan Jokowi, para relawan akan merapatkan barisan memberikan dukungan.

“Kami taruh harapan kami ke Mas Wali, saya harap Mas Wali bisa menjawab tantangan itu. Terserah Mas Wali tentukan waktunya kami siap. Seperti kami siap dan tetap mendukung Bapak (Jokowi),” kata Utje saat makan siang bersama relawan Jokowi dengan Gibran di kawasan Kwitang, Jakarta, Kamis, 27 Juli 2023.

3. Relawan Jokowi-Gibran se-Jawa Tengah

Iklan

Relawan Jokowi-Gibran se-Jawa Tengah turut membulatkan tekad untuk mendukung Gibran Rakabuming maju sebagai cawapres. Hal tersebut mereka sampaikan di acara bertajuk ‘Nyawiji Kumpul Sedulur Jateng, Tambah Bakoh’ di Gedung Wanita, Solo, Rabu, 5 Juli 2023 lalu. Mereka menegaskan mendukung putra sulung Jokowi itu cawap di Pilpres 2024 mendatang.

“Wapres, Wapres, Wapres,” teriak relawan.

4. Relawan Arus Bawah Jokowi

Ketua Bappilu Golkar Nusron Wahid mengusulkan Gibran Rakabuming maju sebagai Cawapres. Usulan tersebut didukung Relawan Arus Bawah Jokowi atau ABJ. Menurut relawan Jokowi itu, Gibran merupakan sosok muda bertalenta dan memiliki kapabilitas. Realitas politik hari ini, kata Ketua Umum ABJ Michael Umbas, tidak bisa dipungkiri posisi Gibran menjadi sangat sentral.

Umbas menilai Gibran mampu menempatkan diri menjadi katalisator dalam pusaran politik Pilpres. Selain itu, Gibran juga dinilainya rendah hati seperti Jokowi. Menurutnya, Semua Ketua Umum atau Ketum parpol, kandidat capres dan cawapres mendekat dan akrab dengan Gibran. Kondisi ini tentu saja bukan karena dia sebagai Wali Kota Solo dan anak presiden.

“Tapi karena dia juga diperhitungkan sebagai sosok pemimpin muda bertalenta dan memiliki kapabilitas dan elektabilitas,” ujar Michael Umbas kepada wartawan, Kamis, 10 Agustus 2023.

5. Relawan Kawan Militan atau Kami Gibran

Gibran kedatangan puluhan pendukungnya yang tergabung dalam Relawan Kawan Militan atau Kami Gibran, pada Sabtu, 12 Agustus 2023 lalu. Mereka datang dari Jakarta untuk menyatakan dukungan agar Gibran maju sebagai cawapres.

Eka Yanto selalu juru bicara Relawan Kami Gibran menjelaskan dukungan tersebut berdasarkan penilaian bahwa Gibran merupakan sosok yang nantinya mampu memenuhi harapan rakyat. Eka mengambil contoh bagaimana kinerja Wali Kota Solo yang telah menghidupkan Kota Surakarta dengan semakin banyaknya event atau kegiatan.

“Dari awal memang kami mendukung beliau ke tingkat nasional,” tuturnya.

HENDRIK KHOIRUL MUHID  I  SEPTIA RYANTHIE

Pilihan Editor: Sambangi Solo, Relawan Gibran Dukung Duet Prabowo SUbianto – Gibran Rakabuming



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *